Blog

Pengetahuan Website Untuk Pemula

Perkembangan Internet telah meningkat dari tahun ke tahun dalam hal pengguna aktif. Setiap orang pasti mengakses Internet dengan perangkat yang berbeda, dari desktop ke ponsel ke tablet. Dan situs web adalah salah satu media yang paling sering diakses dan digunakan untuk menemukan berbagai informasi dan sarana komunikasi.

Contoh website yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari, yaitu Google, Twitter, Facebook, Seconds, CNN, dll. Tentu saja, mereka memiliki fungsi dan fitur yang berbeda dari berbagai situs web yang tersedia, beberapa aktif dalam e-commerce, media sosial, bisnis, media informasi dan lain-lain.

Pada artikel ini, kita akan membahas segala sesuatu tentang apa itu situs web, sejarah, fitur, dan cara membuat situs web sederhana. Jadi Anda dapat meningkatkan wawasan dan pengetahuan Anda tentang situs untuk membuatnya.

Pengertian Website

Sebuah situs web adalah kumpulan halaman dalam domain yang berisi berbagai informasi sehingga dapat dibaca dan dilihat oleh pengguna internet melalui mesin pencari. Informasi yang dapat disertakan di situs web umumnya berisi konten gambar, ilustrasi, video, dan teks untuk berbagai tujuan.

Biasanya, untuk tampilan pertama sebuah website, halaman utama (home page) dapat diakses dengan browser dengan memasukkan URL yang benar. Di beranda, itu juga berisi beberapa situs web turunan yang terhubung satu sama lain.

Sejarah Website

Sejarah situs ini dimulai dengan seorang ilmuwan dari Inggris bernama Tim Berners-Lee. Orang tua Berner juga ilmuwan komputer di era komputer awal.

Tujuan awal Tim Berners untuk membuat situs web adalah untuk memudahkan para peneliti di tempat kerja untuk memperoleh dan berbagi informasi. Kemudian, pada tanggal 30 April 1993, CERN, sebuah laboratorium fisika di Swiss, secara resmi mengumumkan publikasi gratis dari situs web.

Sebelumnya, Tim Berners-Lee juga menulis sekitar tiga teknologi web dasar pada tahun 1990, termasuk:

  • HTML (HyperText Markup Language)
  • URI (Uniform Resource Identifier)
  • HTTP (HyperText Transfer Protocol)

Fungsi Website

Ada beberapa fitur situs web yang memiliki manfaat dan kualitas berbeda tergantung pada tujuan pemasaran dan bisnis. Berikut ini adalah beberapa fitur yang dikategorikan berdasarkan tujuan bisnis.

1. Sarana Informasi

Pertama, fungsi website adalah untuk menyampaikan informasi terbaru dan menarik yang dapat dibaca oleh pelanggan atau pelanggan Anda. Pada dasarnya, situs web juga dapat digunakan sebagai pendidikan, pembelajaran, tutorial, tips & trik dan banyak lagi.

Contoh situs web sebagai sarana informasi termasuk halaman pencarian berita, situs web profil perusahaan, dan lainnya. Jenis konten dapat berupa video, teks dan gambar.

2. Blog

Pernahkah Anda membaca atau membuka situs yang menampilkan halaman artikel atau bahan bacaan? Jika demikian, itu disebut blog. Orang yang sering membuat blog disebut blogger.

Jadi, fungsi dari website kedua ini adalah membuat blog, sehingga tujuan utamanya adalah untuk mendapatkan traffic pengunjung. Dan optimalisasi blog yang diterbitkan. Selain itu, juga dapat berfungsi sebagai sarana untuk meningkatkan merek perusahaan untuk menarik lebih banyak pelanggan.

3. Sarana Jual Beli Barang ( Toko Online/ E-Commerce)

Dan fitur terakhir adalah sebagai media untuk jual beli secara online, atau sering disebut sebagai e-commerce. Dengan menggunakan situs web e-commerce, Anda bisa mendapatkan lebih banyak konsumen untuk membeli barang atau jasa melalui situs web yang disediakan.

Pada dasarnya, e-commerce hanyalah perantara di sini. Contoh situs web yang menerapkan fitur ini termasuk Tokopedia, Bukalapak, Amazon, Shopee, dan situs web lainnya.

Komponen-komponen Website

Setelah mengetahui makna, sejarah, dan fungsi situs, Anda masuk ke dalam diskusi tentang elemen situs itu sendiri. Berikut adalah beberapa informasi tentang elemen yang membentuk web.

1. Domain

Komponen pertama adalah domain di mana situs web dapat dianalogikan sebagai produk. Kemudian situs web adalah merek atau merek. Menulis domain yang menarik dapat menyebabkan seseorang memasuki situs web Anda.

Juga, Anda perlu membuat domain yang tidak terlalu panjang dan mudah diingat. Domain yang baik juga mempengaruhi peringkat sistem mesin pencari. Juga, pastikan Anda melakukan optimasi seo dan memeriksa domain secara teratur.

2. Hosting

Komponen atau elemen kedua adalah hosting, yang memainkan peran penting dalam menyimpan semua database (penyimpanan data). Informasi dalam database dapat berupa teks, gambar, ilustrasi, video dan skrip. Saat ini, ada banyak layanan yang terkait dengan layanan paket hosting sesuai dengan kebutuhan bisnis dan produk Anda.

3. Konten

Dan yang terakhir adalah konten, di mana fungsi konten sangat penting. Karena jika situs tidak memiliki konten, dapat dikatakan bahwa situs tersebut tidak memiliki tujuan yang jelas. Contoh situs web yang menerapkan konten termasuk media sosial, profil perusahaan, situs jual beli online, dan banyak lainnya.

Jenis Website

Kami akan memberikan beberapa informasi dan penjelasan tentang jenis situs web. Berikut adalah tiga jenis situs web berdasarkan perkembangannya.

1. Website Statis

Situs web statis adalah situs web yang memiliki tampilan dan nuansa tetap dan tidak banyak berubah. Biasanya, perubahan itu sendiri hanya dalam tampilan desain situs web, tidak ada perubahan besar dalam konten. Contoh situs web statis adalah situs web yang menampilkan profil perusahaan atau organisasi.

2. Website Dinamis

Situs web dinamis adalah situs web yang terus berubah tergantung pada kebutuhan dan relevansi bisnis dan waktu. Situs web dinamis memiliki tampilan yang lebih interaktif dan menawarkan fitur komentar dan obrolan. Contoh situs web ini termasuk blog, situs berita online, e-commerce, sistem informasi, dll.

3. Website Interaktif

Situs web interaktif adalah situs web yang dirancang untuk berinteraksi satu sama lain antar pengguna. Jenis situs web ini biasanya termasuk dalam platform media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan platform media sosial lainnya.

Manfaat Website

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan ketika mempunyai sebuah website sendiri.

1. Membangun Personal Branding

Dengan mengelola dan mengoptimalkan halaman situs web Anda, Anda juga secara tidak langsung membangun personal branding. Di atas segalanya, jangan lupa untuk memperbarui konten secara teratur setiap hari untuk meningkatkan lalu lintas dan peringkat situs web Anda.

Dengan membangun branding yang baik, juga akan berdampak baik pada produk bisnis yang dikembangkan. Jadi, ketika personal branding Anda terbentuk, menjadi lebih mudah bagi konsumen untuk mengenali dan menggunakan produk Anda.

2. Memperkenalkan Produk/Jasa

Keuntungan kedua dari sebuah situs web adalah menyajikan produk atau layanan. Dengan web, biaya iklan dapat dikurangi dan Anda dapat lebih fokus pada peningkatan dan mengoptimalkan situs web Anda. Dengan bantuan SEO, menjadi lebih mudah untuk meningkatkan peringkat situs web Anda di mesin pencari.

3. Wadah Untuk Membagikan Sumber Informasi

Keuntungan ketiga adalah media untuk menginformasikan berita terkait, artikel, bacaan dan banyak lagi. Dengan hanya membaca artikel atau berita melalui situs, Anda bisa mendapatkan informasi terbaru dari seluruh dunia. Dengan demikian, posisi situs web saat ini dapat menunda penggunaan media TV dan radio.

4. Mendapatkan Trafik dan Menghasilkan Uang

Keuntungan terakhir adalah bahwa sebuah situs web dapat membawa lebih banyak lalu lintas. Hal ini dapat terjadi jika Anda telah menerapkan optimasi yang tepat. Dari hal-hal teknis hingga optimasi on-page dan off-page dengan SEO. Dengan cara ini, keuntungan dapat ditingkatkan dalam jangka panjang.